Senin, 24 Februari 2014

Bandung yang nyaman?

apa sih kategori nyaman bwt km? mnrt km skrg bandung itu nyaman ga? saya uda tinggal di bandung dari taun 2007 yang artinya ya kurang lebih uda 7 taun lah ya berarti ampe skrg.. nah selama 7 taun ini saya suka banget sama kota bandung, lebih suka jogja sih, karena emang terlalu banyak kenangan di jogja #benerinponi #padahalgaadaponi :))
bandung itu kota yang nyaman bgt bwt saya, salah satu kota yang bisa bikin saya kedinginan kalo keluar malem. sekarang uda jarang bgt lho kota di indonesia yang dingin. nah dari dulu saya termasuk org yang sering keluar malem, maksudnya bkn "keluar" pas malem2 yah, tolong dibedain.. kalo "keluar" ga harus malem..haha... mulai dari nntn film di bioskop, nongkrong sambil ngopi, karaoke, dugem dll. saya emang org yg lebih suka berkegiatan malem, karena ga macet, dingin dan enak aj sih kalo malem. jadi istilahnya itu saya ini makhluk nocturnal, semacam kalong, anak kalong..eh itu kolong yak..
nah, ternyata pas bln januari kemaren itu tepatnya tanggal 4 januari ada peristiwa perkelahian di salah satu tempat hiburan di daerah jalan sudirman bandung yang berakibat pada pembacokan kapolsek astana anyar. dan polisi langsung merespon secara kilat dengan memberlakukan pembatasan jam malam mulai tgl 5 januari. gokil yak, sehari doank cuy...
sebagai anak kalong, jelas saya kecewa dengan kebijakan yg relatif berlebihan ini. kenapa berlebihan? saya setuju dengan kesimpulan bahwa angka kriminalitas di tempat hiburan sejak diberlakukan nya aturan jam malam ini berkurang drastis. ya iyalah, org semua tempat hiburan nya tutup, ya mana mungkin ada yg berantem di tempat hiburan.. nenek2 pilek jg tw :)) tapi saya ga setuju dengan akibat yg ditimbulkan lainnya. saya yakin ga semua orang yang suka berkunjung di dunia malem itu semua nya kriminal, suka berantem dan melakukan perbuatan melawan hukum lainnya. ya kalo boleh minjem istilah polisi "mereka itu oknum". eh ini ga sembarang alesan lho, tolong dibedain ya antara oknum dan orang selain oknum, toh kita sering mendengar, melihat dan menyaksikan jawaban itu dari kepolisian saat ada oknum nya yang melakukan pelanggaran.. selain itu alesan saya ga setuju sama kebijakan ini adalah setidaknya selama 7 taun saya tinggal di bandung terjadinya peristiwa pelanggaran hukum di daerah tempat hiburan dan di bandung itu ga cuma sekali ini saja. mulai dari perkelahian, pembacokan, pembunuhan dan bahkan di daerah kampus saya (ciumbuleuit) saya pernah mendengar cerita ttg pelecehan seksual. tapi apa pernah ada kebijakan nyata yang dibuat oleh pihak2 terkait sebagai reaksi dari kejadian itu? setau saya sih ga ada yak.. tapi sekali kejadian, iya SEKALI, kejadian yang melibatkan kapolsek langsung direspon dengan kebijakan pembatasan jam malam.. jadi wajar ga ya kalo saya menyimpulkan bahwa kebijakan ini berlebihan?
kalo boleh saya minjem argumen temen serumah saya "yang dilakukan itu bukan nya menutup tempat hiburan lebih cepat, tapi perketat penyeleksian tamu2 tempat hiburan tersebut, karena masih banyak pengunjung yang memang belum cukup umur yang masuk ke tempat itu"
so, mnrt km sekarang bandung nyaman ga? kalo nyaman ya syukur.. sebagai contoh terakhir, di jogja terjadi 2x kasus pembunuhan di sebuah cafe, dan apa kebijakan yang diambil?menutup cafe tersebut. bukan melakukan pembatasan jam malam. dan sekarang jogja masih bisa survive menghibur para anak2 kalong di sana :))


-DuniaTanpaMakna-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar