Senin, 31 Maret 2014

Pemilu= Pesta Demokrasi atau Pembodohan??

sebenernya saya itu dr jaman sma tertarik bgt sama dunia politik. karena menurut saya dunia politik itu bener2 dinamis. dari yang dulunya musuh politik, ato bahkan musuh beneran, tiba2 bisa bersatu di bawah naungan partai yg sama. yg dulunya sahabat banget, mendirikan kekuatan politis dr bawah, tapi di satu waktu mereka berpisah dan menjadi lawan sengit. ato bahkan yg dulunya jadi kacung bersama-sama, sekarang seolah2 berbeda partai, seolah2 bersaing padahal sebenernya mereka tetap satu. bahkan yg lebih ekstrim nih, dulu ada beberapa aktivis reformasi yg hilang, ada yg sampe sekarang blm ditemukan ada yg dulu dilepas dr penculikan. dan lucunya mereka yg lepas dr penculikan ini skrg berada 1 partai sama dalang penculikannya... (ketawa miris)
hal-hal yg penuh taktik dan strategi inilah yang sebenernya bikin saya tertarik bgt. bahkan waktu itu saya pengen bgt masuk kuliah jurusan politik. tapi ternyata akhirnya saya secara sengaja ato tidak memilih utk kuliah jurusan ekonomi. yah masa' politikus aj yg boleh berubah?saya jg boleh kan..hehe..

akhir2 ini indonesia lg rame bgt sama kampanye. di daerah saya tinggal di jakarta yg bisa dibilang relatif msh banyak lingkungannya berupa "kampung" (bukan kampungan lho ya) jadi sasaran empuk bwt caleg2 yg dapilnya di daerah saya. dan persis di depan kost saya ada kantor salah satu partai yg salah satu anggotanya pernah bikin video bokep.. ya ga usah disebut lah ya nama partainya apa, tapi nama anggotanya yahya zaini sama ceweknya maria eva. ya saya berani nyebut karena emang faktanya gitu.. tinggal googling aj lgsg tau kok nama partainya apa :) situasi di daerah saya ini rame bgt, ada caleg yg bikin pengajian sampe nutup jalan lah. dan begitu pulang warga yg dateng pengajian dapet nasi kotak dan goody bag dgn foto ibu caleg dengan pose foto yg mnrt mereka berwibawa, bijaksana dan patriotik. ga tw siapa deh ini yg nyiptain pose ini, tapi kyknya harus ada perubahan fundamental deh masalah pose.

nah yg menarik dari tiap pemilu at least sejak pemilu 1999 suasana kampanye selalu meriah. banyak banget calon2 pemimpin negara jualan. mulai dari yang emang uda berprofesi sebagai politisi ato pun org yg dari antah berantah. sekarang gini deh, km liat calon2 di dapil kamu masing2, di antara semua calon itu brp persen yg kamu tau orgnya? mksdnya km seumur hidup pernah ketemu (di dunia nyata/maya) seberapa sering? ato lebih dalem lagi uda tw sejauh mana km tentang ideologi yg dy junjung selama hidupnya? kalo jawaban km belom pernah/ga tau/ga pernah ngerti dsb, mending pikir2 lagi deh bwt nentuin pilihan. saya ga ngelarang org2 bwt gunakan hak pilihnya. monggo, itu hak kamu sebagai warga negara, cm pastiin bahwa coblosan yg km lakukan di TPS itu bener2 merupakan sikap nyata km untuk mendukung. bukan karena asal milih, terpengaruh org cm dr iklan, omongan dsb.

tapi kalo kita liat dari sisi calegnya lebih lucu lg. di twitter itu banyak bgt beredar poster2, foto2 caleg2 lengkap dengan segala "jualannya" di poster itu. ada yg badannya panda dan bagian kepalanya caleg, ada yg badannya superhero dan kepalanya caleg. saya pribadi prihatin bgt lho dengan kelakuan caleg2 ini. prihatinnya karena mereka nganggep dgn kyk gt bisa ningkatin elektabilitas dan kapabilitas dy di mata masyarakat. bwt saya sikap itu artinya sama aj dy nganggep kita masyarakat yg bodoh, goblog dan tolol. iyah donk, sekarang apa sih kaitan antara format poster gitu dengan kapabilitas politik dy? dan km msh mw milih org2 yg nganggep kita semua bodoh?

akhir2 ini di waktu luang saya selain dipake bwt nntn film/serial saya lg getol2nya bwt browsing ttg kiprah org2 yg vokal selama kampanye. cari aj deh.. tinggal googling.. dan pesen saya kalo googling jgn batesin diri km, cari aj terus, gali terus... dan kalo uda ketemu "sesuatu" jangan kaget yah.... :)

-DuniaTanpaMakna-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar